CARA BAYAR PAJAK MOTOR 5 TAHUNAN DI SAMSAT CIKARANG BEKASI

Sobat apa kabar ? Semoga semuanya dalam kedadaan baik-baik aja ya. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saat saya bayar pajak sepeda motor 5 tahunan yang saya lakukan pada tanggal 14 November 2018 di Samsat Cikarang Kabupaten Bekasi.

Sebenarnya pajak motor 5 tahunan saya habisnya 09 Desember 2018 tapi dikarenakan kalau tanggal-tanggal awal bulan dikantor suka banyak pekerjaan jadi saya bayar pajaknya lebih awal. O'ya sobat,ma'af kali ini saya tidak dapat menyertakan foto-foto saat di samsatnya dikarenakan waktu itu saya lupa foto-foto. Okelah begini ceritanya ...

Rabu 14 November 2018 pukul 7:45 WIB saya tiba di kantor SAMSAT Cikarang Kabupaten Bekasi. Tiba di samsat saya langsung memarkirkan motor dibagian cek fisik kendaraan dengan posisi motor di standar 2. Kemudian saya ke loket cek fisik untuk ambil lembar untuk gesek nomor rangka dan mesin. Untuk mendapatkan lembar gesek tersebut saya harus menyerahkan stnk,pajak,e-ktp asli + copy dan bpkb copy serta memperlihatkan bpkb aslinya. Karena saya bingung dalam menyusun berkasnya,sy serahkan penyususnannya ke tukang foto copy yang memang tersedia persis disamping loket cek fisik.

Setelah menyerahkan berkas-berkas tadi ke loket cek fisik,oleh petugas saya diberi lembar cek rangka dan mesin yang kemudian lembar gesek nomor mesin dan rangka saya serahkan ke petugas bagian gesek. Setelah nomor mesin dan rangka digesek, saya parkirkan motor di tempat parkir yang tersedia dan untuk tempat parkir sepeda motor di samsat cikarang kabupaten bekasi lokasi parkirnya dibelakang gedung utama didekat tempat cetak TNKB/plat nomor kendaraan.

Setelah memarkirkan motor saya kembali ke loket cek fisik dan mengantri untuk dipanggil. Setelah nama saya dipanggil saya diberi lembar hasil cek fesik dan berkas-berkas lainnya yang sebelumnya saya serahkan yaitu : stnk asli+copy, lembar pajak asli+copy, ktp asli + copy dan copy bpkb.

Setelah itu saya pergi ke gedung utama,di pintu masuk sebelah kanan saya ambil formulir dimeja petugas, kemudian saya isi formulir sesuai dengan data-data sepeda motor saya di meja pengisian formulir. Setelah formulir terisi saya kembali kemeja dimana tadi saya ambil formulir. Formulir yang baru saja saya isi serta seluruh berkas yang tadi dibawa dari tempat cek fisik saya serahkan kepada petugas pemberi formulir untuk di steples.

Seteleh seluruh berkas tersusun rapi, berkas itu saya serahkan ke loket informasi kemudian saya duduk diruang tunggu hingga nama saya dipanggil oleh petugas. Siapkan BPKB asli karena ketika nama kita dipanggil petugas meminta kita untuk menunjukan bpkb aslinya. Setelah bpkb asli ditunjukan, bpkb itu kembali saya ambil.

Selesai dengan tahapan itu saya kembali mengantri, kali ini di loket pembayaran. Setelah nama saya dipanggil saya lakukan pembayaran sesuai jumlah yang harus saya bayar saat itu. Setelah membayar dan menerima kwitansi tanda pembayaran saya kembali harus mengantri diloket pengambilan STNK sampai akhirnya nama saya dipanggil. Saya serahkan kwitansi pembayaran yang kemudian ditukar dengan stnk+lembar pajak yang baru serta ktp asli.

Setelah stnk yang baru jadi tibalah pada tahapan akhir yaitu membuat TNKB/plat nomor kendaraan yang baru. Untuk tahapan itu saya pergi kebelakang gedung utama dekat parkiran motor. Di tempat pembuatan TNKB saya cukup menyerahkan STNK yang asli ke loket, beberapa menit kemudian taraaaa ..... stnk dan tnkb sepeda motor saya jadi.

Demikian pengalaman saya waktu membayar pajak sepeda motor 5 tahunan di SAMSAT Cikarang Kabupaten Bekasi. Dan menurut pengalaman saya tanpa calo pun sangat mudah dan tentunya lebih hemat biaya. Apabila sobat ingin bayar pajak sepeda motor atau mobil sendiri tanpa calo, silahkan sobat siapkan berkas-berkas serta biaya sebagai berikut.

1. STNK asli
2. Lembar Pajak asli
3. E - KTP asli
4. BPKB asli
5. Surat Kuasa Bermeterai Cukup apabila kendaran tersebut bukan atas nama sobat sendiri.

Biaya Pada Saat Saya Membayar :

1. PKB/Pajak Kendaraan Bermotor nilainya setara atau lebih rendah dari PKB tahun sebelumnya. Untuk PKB motor sya Rp.171.500,-
2. SWDKLLJ Rp.35.000,-
3. Biaya ADM STNK Rp.100.000,-
4. Biaya ADM TNKB Rp.60.000,-

Biaya-biaya tersebut dibayar sekaligus diloket pembayaran sehingga selain uang tips bagi petugas yang gesek nomor mesin dan rangka serta uang parkir, kita tidak perlu membayar apa pun lagi. Total waktu pengurusan dari mulai masuk cek fisik sampai selesai menerima TNKB babu butuh waktu sekitar 2 jam.

Cukup sekian tulisan berbagi pengalaman saya dalam membayar pajak sepeda motor 5 tahunan di SAMSAT Cikarang Kabupaten Bekasi. Walau tulisan ini acak-acakan semoga tetap ada manfaatnya. Kalau ada yang kurang jelas silahkan WA ke saya di  atau dikolom komentar agar kita bisa saling berbagi pengalaman.
Previous
Next Post »